Sistem Terpadu pada Bank

SISITEM INFORMASI PERBANKAN BANK MANDIRI

Beberapa Teknologi Informasi Yang Sudah di Gunakan Oleh PT.Bank Mandiri Tbk.

1. Layanan mATM Bank Mandiri

Dengan Layanan mATM Bank Mandiri, nasabah Bank Mandiri yang telah menjadi pengguna SMS Banking Mandiri sekaligus pelanggan kartuHalo naviGator 64 Telkomsel bisa melakukan pembelian barang dan tarik tunai di pedagang yang berlogo mATM Mandiri langsung dari ponselnya. Pedagang/merchant mATM Mandiri adalah nasabah Bank Mandiri pengguna SMS Banking yang sekaligus menjadi pelanggan kartuHALO mPOS. Dengan layanan mATM ini merchant dapat melayani pembelian barang dan tarik tunai pengguna SMS Banking Mandiri pelanggan kartuHALO naviGator 64 Telkomsel. Untuk memperoleh sim card kartuHalo naviGator 64 atau kartuHALO mPOS Telkomsel pelanggan harus datang ke outlet graPARI terdekat.

Layanan mATM bisa dinikmati di semua pedagang yang sudah ikut program mATM. Pedagang mATM bisa dikenal dari Logo Layanan mATM di toko mereka.

Untuk melakukan pembayaran barang di pedagang mATM atau menarik uang tunai di merchant mATM, nasabah hanya perlu memberikan nomor ponselnya ke merchant tersebut. Setelah transaksi dikirim oleh merchant, Bank Mandiri akan meminta nasabah pembeli untuk otorisasi transaksi tersebut di ponsel anda (seperti contoh di bawah).

Telkomsel bekerjasama dengan Bank Mandiri meluncurkan layanan inovatif yang diberi nama m-ATM (mobile ATM). Layanan ini merupakan yang pertama di Indonesia, sekaligus menandai hadirnya era baru m-Commerce (mobile commerce) di Indonesia yang didukung oleh kemajuan sinergi industri selular dan perbankan.

Layanan m-ATM adalah ATM pada ponsel yang dapat melakukan transaksi pembayaran (tagihan, uang sekolah dll), pembelian (voucher isi pulsa dan barang), pengambilan tunai (dari bank account), serta remitan (pengiriman cash baik lokal maupun internasional).

m-ATM dapat dinikmati oleh pelanggan Telkomsel yang sekaligus nasabah Mandiri, di lokasi-lokasi yang bertanda “Logo m-ATM”. Saat ini telah terdaftar sekitar 3.000 merchant (Toko atau pedagang) yang siap memberikan layanan m-ATM di Jabotabek, dan selanjutnya akan dikembangkan ke seluruh wilayah Indonesia menjadi sekitar 10.000 merchant di akhir tahun 2005.

Hadirnya layanan ini merupakan kelanjutan dari layanan m-Banking (Mobile Banking) yang memberikan solusi layanan perbankan melalui ponsel, di mana layanan ini telah mendapat respon yang sangat postif dari masyarakat dan terus meningkat sejak Telkomsel memperkenalkan layanan m-Banking tahun 2000. Layanan m-ATM dapat dikatakan sebagai layanan m-Banking plus yang menghadirkan layanan m-commerce bagi bisnis merchant di Indonesia.

Merchant yang memanfaatkan layanan m-ATM ini cukup menggunakan kartuHALO m-POS sebagai pengganti POS Terminal (Point of Sales) seperti: EDC (Electronic Data Capture) dan transaksi tradisional yang menggunakan uang cash. Dengan kartuHALO m-POS Telkomsel, pedagang dapat menerima pembayaran maupun pengambilan tunai, serta remitan. Untuk saat pelanggan Telkomsel yang dapat menikmati layanan di Merchant-merchant yang telah menyediakan layanan m-ATM adalah pelanggan kartuHALO naviGator64, dan dalam waktu dekat para pelanggan kartu prabayar juga dapat menikmati layanan ini.

m-Banking menuju m-commerce

Sebelumnya, Bank Mandiri bersama Telkomsel telah meluncurkan SMS Banking Mandiri pada tanggal 14 Agustus 2002 dan setahun kemudian dikembangkan pula SMS Banking berbasis STK (sim tool kit) Menu menggunakan kartuHALO naviGator64 Telkomsel. Di akhir 2002 pada tahun pertama hadirnya SMS Banking Mandiri, jumlah penggunanya (semua operator) sebesar 17.272. Kini per 31 Mei 2005 jumlah telah mencapai 629.506, atau meningkat sebesar 3.500%. Pangsa pengguna terbesar didominasi oleh pelanggan Telkomsel yaitu sebesar 55%, diikuti oleh pelanggan Indosat (34%) dan XL (11%). Jumlah total frekuensi transaksi selama bulan Mei 2005 telah mencapai 1,3 juta transaksi dengan omzet transaksi finansial sekitar Rp30 miliar.

Bila selama ini fitur SMS Banking Mandiri dengan menggunakan kartuHALO naviGator64 hanyalah transaksi perbankan biasa, kini fitur tersebut telah dikembangkan menuju layanan mobile commerce yang diberi nama mobile ATM atau mATM Mandiri. Dengan layanan ini pengguna SMS Banking Mandiri yang berprofesi sebagai pedagang sekaligus menjadi pelanggan kartuHALO mPOS dapat melayani pembelian barang dan tarik tunai di tokonya kepada pengguna SMS Banking Mandiri pelanggan kartuHALO naviGator64.

Untuk menjaga keamanan transaksi, nasabah diberikan berbagai unsur proteksi yang berlapis lapis, yaitu antara lain: nomor SIM card sebagai ID nasabah, nomor rekening sendiri harus didaftarkan, transaksi hanya dapat dijalankan dari nomor SIM card yang terdaftar, ada limit transaksi per hari, serta transaksi diverifikasi dengan menggunakan PIN. Seluruh proses transaksi SMS Banking Mandiri dilakukan secara otomatis oleh sistem komputer tanpa intervensi manusia (straight through processing/real time online).

Fitur SMS Banking yang dapat dinikmati oleh merchant/pedagang m-ATM Mandiri dengan kartuHALO m-POS adalah transaksi m-Banking dan transaksi m-ATM. Adapun fitur m-ATM Mandiri terdiri dari pembelian barang dan tarik tunai, dan akan menyusul fitur pengiriman uang (mobile remittance). Adapun fitur transaksi m-Banking yang dapat dinikmati oleh merchant m-ATM ini antara lain meliputi cek saldo, 5 transaksi terakhir, pembayaran tagihan kartuHALO & tagihan GSM/CDMA lainnya, pembelian pulsa isi ulang simPATI & isi pulsa GSM/CDMA lainnya, pembayaran tagihan Telkom, PLN, pembelian tiket Garuda dan notifikasi SMS secara real time on line 24 jam sehari 7 hari seminggu.

2. Internet Banking

Internet Banking Mandiri adalah saluran distribusi Bank untuk memberi kemudahan mengakses rekening yang dimiliki Nasabah melalui jaringan internet

Praktis

• Dapat langsung melakukan transaksi perbankan

• Cakupan Global

• Tanpa Batasan Waktu

Aman

Internet Banking Mandiri dilengkapi dengan security untuk menjamin keamanan dan kerahasian data transaksi yang Anda lakukan

Cara Mudah

• Klik tombol aktivasi pada situs http://www.bankmandiri.co.id, dan masukkan/input Access ID dan Access PIN yang diperoleh dari bank setelah Anda melakukan registrasi di cabang

• Buat sendiri User ID dan PIN Internet Banking Anda

• Klik tombol login

• Pilih transaksi yang ingin Anda lakukan dari menu transaksi yang terletak di sebelah kiri browser Anda

• Klik tombol LOGOUT, setelah transaksi selesai dilakukan.

Layanan yang tersedia

Disini pengguna dapat menikmati seluruh layanan yang tersedia,

1. Transfer antar rekening Bank Mandiri

2. Pembayaran tagihan

3. Informasi saldo

4. Aktivitas transaksi Internet Banking

5. Permintaan buku cek/BG

6. Update profil

7. Personalisasi

8. Pendaftaran layanan notifikasi SMS Banking Mandiri

9. Pembayaran tagihan CBN melalui Bank Mandiri

Melakukan pembayaran tagihan CBN melalui Bank Mandiri. Adapun fasilitas yang disediakan untuk pembayaran tersebut yaitu melalui ATM Mandiri dan Internet Banking Mandiri yang berlaku 24 jam sehingga pembayaran dapat dilakukan kapan dan dimana saja. Dengan demikian, pengguna dapat memanfaatkan aneka kemudahan dan kenyamanan dalam membayar tagihan melalui Bank Mandiri yang memiliki jaringan sangat luas di Indonesia.

Berikut adalah cara pembayaran tagihan melalui fasilitas di atas :

1. ATM Mandiri

• Masukkan kartu ATM

• Masukkan PIN Anda

• Pilih > Pembayaran/Pembelian

• Pilih > Open Payment

• Pilih > ISP/Cable TV

• Pilih > CBN (No. 5)

• Masukkan customer id/nomor pelanggan Anda

• Masukkan jumlah pembayaran

• Periksa kembali informasi di layer konfirmasi, setelah selesai tekan > Benar Masukkan kartu ATM

3. Internet Banking Mandiri

• LOGIN ke Internet Banking Mandiri di http://www.bankmandiri.co.id

• Masukkan User ID dan PIN Internet Banking Anda

• Pada menu transaksi di sebelah kiri browser Anda Pilih transaksi Pembayaran Internet

• Pilih dan lengkapi data transaksi; “Dari Rekening”, “Penyedia Jasa”, “No. Pelanggan” dan

• Jumlah” lalu klik tombol “Lanjutkan”

• Periksa kembali data pembayaran, masukkan PIN Mandiri untuk konfirmasi, lalu klik tombol “Kirim”

• Klik tombol “Logout”, setelah transaksi selesai dilakukan

4. Mandiri SMS

Ketik SMS atau Pilih Menu Dengan mengetikkan kode transaksi yang dibutuhkan, jawaban akan diterima dalam bentuk SMS juga atau transaksi dapat dilakukan dengan SIM Microbrowser Mobile Banking memilih menu pada ponsel *).

Biaya transaksi sebesar biaya SMS + Rp500. Untuk notifikasi SMS sebesar Rp500.

Apapun jenis SIM Card yang Anda miliki, transaksi perbankan dapat Anda lakukan.

*) Transaksi dengan memilih menu ini dapat dinikmati oleh pengguna navigator Telkomsel. Life In Hand XL, Matrix dan Mentari Indosat

Jenis Transaksi

1. Transfer uang

o Transfer antar rekening Bank Mandiri

o Transfer antar Bank

2. Cek Saldo

o Saldo rekening tabungan , rekening valas dan pinjaman.

3. Informasi

o Informasi tagihan Mandiri Visa

o 5 transaksi terakhir rekening

o Suku bunga Deposito, suku bunga Tabungan dan kurs valuta asing

4. Pembayaran dan pembelian

o Pembayaran tagihan Mandiri VISA, Telkom, Telkom Flexi, KartuHALO, Matrix, Xplor, Fren, Esia, StarONE, Garuda, Air Efata, Air Asia, Adam Air, Merpati Air, Riau Air, Travel Agent , PLN, PBB, Kompas, XL Kita, IndosatNET, CBN Internet, Kabel Vision, Indo Vision, Multiartha, AXA Mandiri, Bina Sarana Informatika, Perbanas Jakarta, Amikom Yogya

o Pembelian voucher isi ulang simPATI, IM3 Smart, Mentari , XL bebas, Flexi Trendy, Fren dan Esia dan StarONE

5. Notifikasi SMS

o Pendebitan/pengkreditan di atas nilai tertentu

o Penolakan cek/bilyet giro

o Jatuh tempo rekening Deposito

o Saldo rekening di bawah nilai tertentu.

6. Perubahan PIN

o Perubahan PIN

5. Mandiri Call

Didalam Mandiri Call dapat melakukan :

• Transfer antar rekening Bank Mandiri

• Pembayaran tagihan :

o Listrik (PLN),

o PAM

o Telepon/Handphone

o Kartu Kredit

o Tiket Pesawat/Kereta Api,

o Iklan,

o Internet,

o Televisi berlangganan,

o PBB,

o Pendidikan,

o Asuransi

• Pembelian isi ulang pulsa

• Pembukaan deposito rupiah

• Informasi saldo rekening dan 10 transaksi terkahir

• Informasi (suku bunga, kurs, rekening pinjaman), aplikasi pinjaman dan produk

Produk dan layanan perbankan Bank Mandiri

Layanan Faksimili

Fasilitas Tekan Cepat

Fasilitas “Tekan cepat” kami siapkan bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Mandiri Call dan ingin melakukan transaksi secara cepat. Silahkan melakukan intervensi langsung dengan menekan angka berturut-turut, pada sata mesin penjawab mengucapkan salam.

6. Layanan Mandiri ATM

1. Fitur Standar / Akses ke Rekening

Penarikan Tunai, Inquiry Saldo, Transfer Antar Rekening, Penggantian PIN, Inquiry Rek. Valuta Asing, Inquiry Rek. Pinjaman, Cetak 5 Transaksi Terakhir

2. Payment Umum/Utilities/Open Payment

Mandiri Visa, PLN, Tiket Garuda, Kompas, XL Kita, OTO-Multiartha, AXA Mandiri, BSI, AMIKOM, Indovision, Indosatnet, CBN, Air Efata

3. Pembayaran Tagihan Telepon

Telkom, kartu Halo, Matrix, IM3 Bright, XL/Xplor, FREN, Esia, Telkom Flexi

4. Isi Ulang Pulsa;

Simpati, Mentari, IM3 Smart, FREN, Esia, Flexi Trendy, XL/bebas

5. Registrasi

SMS Banking Mandiri, Internet Banking Mandiri, Call Mandiri

6. Kartu Mandiri Visa

Cash Advance, Inquiry Tagihan

Saat Bertransaksi

o Batalkan transaksi dan segera laporkan ke bank, jika menemukan tanda-tanda yang mencurigakan di ATM, seperti benda-benda asing/kabel yang tidak wajar.

o Segera pindah ke ATM lain jika lokasi ATM gelap atau tersembunyi

o Pada saat antrian di ATM pastikan orang lain tidak bisa melihat PIN dan nomor kartu.

o Untuk menghindari terjadinya salah bayar, maka sebelum melakukan konfirmasi akhir untuk transaksi pembayaran yang dilakukan, periksa kembali secara seksama (melalui screen konfirmasi) data nomor telepon, ID pelanggan PLN, kode booking, atau nomor kartu kredit yang telah dientry sebelumnya.

o Periksa bukti transaksi sebelum meninggalkan ATM. Simpanlah bukti tersebut.

o Segera mengambil uang dan kartu, karena bila terlalu lama tidak diambil maka uang atau kartu akan masuk kembali ke dalam mesin.

o Hindarkan menghitung uang di tempat yang terbuka

o Jika kartu tertelan mesin, segera hubungi petugas cabang. Apabila petugas cabang tidak ada segera hubungi Call Mandiri 14000 dan minta kartu agar diblokir.Bottom of Form.

 Kategori  Sistem Informasi Managemen  yang  digunakan Bank  Mandiri:

Kategori  Sistem Informasi Management dapat dikelompokan menjadi  2 (dua)  fungsi  yaitu sbb :

1)      Operation Support System Function

Jenis Sistem Informasi Manajemen dari fungsi Operation Support System yang diterapkan fungsi Transaction Processing System (TPS)Transaction Processing System tersebut digunakan untuk memproses transaksi  produk  perbankan seperti pinjaman (Loans),penyimpanan uang (deposit), trade finance serta jasa perbankan lainnya.

2)      Management Support System Function

Jenis Sistem Informasi Manajemen  dari fungsi Management Support System yang diterapkan yaitu Management Information System (MIS).  MIS digunakan dalam rangka menyediakan informasi yang diperlukan bagi setiap level manajemen di Mandiri guna mendukung pengambilan keputusan.

Dalam terminologi yang digunakan di bisnis perbankan pada umumnya, frameworkdari Sistem Informasi Manajemen di Bank Mandiri dapat dikelompokan  menjadi :

1)      Core Banking System (CBS)

Core Banking System merupakan suatu Host System yang fungsinya ialah sebagai CustomerDatabase Organizer, dimana aplikasi tersebut berfungsi sebagai Grafic User Interface(GUI) yang mendukung setiap transaksi perbankan yang dilakukan. Data tersebut meliputiCustomer Information File (CIF), Loans & Deposit  Transaction System, Trade Finance System dan jasa-jasa perbankan lainnya.

2)      Banking Delivery System (BDS)

Banking Delivery System adalah fasilitas delivery dimana nasabah bisa melakukan accessterhadap produk dan jasa bank. Contoh dari delivery system tersebut dibagi menjadi (2) bagian yaitu :

  1. a)Self ServiceTerminal :
  2. i)ATM (Automated Teller Machine).
  3. ii)Call Center  (Phone Banking).

iii)    Debit Card / POS Terminal

  1. iv)Phone banking
  2. v)Cash Management
  3. b)Non – Self Service Terminal  :
  4. i)Branch Teller System.

3)      Management Support System

            Management Support System adalah sistem yang dapat menyediakan informasi/data/laporan perusahaan untuk mendukung pengambilan keputusan pada  setiap tingkatan manajemen.  Sementara itu Management Support System di PT. Bank Mandiri baru pada tahap information provider (Management Information System) belum dapat menyediakan solusi secara langsung bagi manajemen.  Demikian pula, PT. Bank Mandiri Tbk belum menyediakan Executive Information System yaitu sistem informasi  yang disajikan sedemikian rupa (biasanya menggunakan mutimedia)  bagi para top executive.

Saat ini PT. Bank Mandiri. sedang melakukan pengembangan Management Support System secara outsourcing dengan beberapa provider (vendor) untuk menyediakan solusi secara langsung bagi jajaran manajemen.

Contoh dari Management Information System yang diterapkan adalah sbb :

1)      Financial  Information System.

2)      Asset & Liabilities Management Information System.

3)      Human Resources Information System.

4)      Fixed Asset Information System.

 

Sumber:

Sisitem Informasi Perbankan Bank Mandiri


http://indahsianipar.blogspot.co.id/2013/11/teknologi-sistem-informasi-yang_7831.html

Tinggalkan komentar